Rabu, 12 September 2012

SAP Belajar dan Pembalajaran

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Matakuliah : Belajar dan Pembelajaran
Semester : 3 sks
Jurusan/Program Studi : BK, Pend Ek, Sej, Mat, Bio, Fis, Ing
Dosen Pengampu : Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd
I. Deskripsi Perkuliahan
Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai teori belajar yang bersifat deskriptif dan upaya pembelajaran yang bersifat preskreptif dilandasi berbagai pendekatan. Pemanfaatan sumber belajar baik yang didesain maupun non desain untuk kepentingan pembelajaran. Berbagai contoh dan analisis praktek pembelajaran. Pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar, Analisis kasus praktek pembelajaran.
II. Kompetensi Dasar
Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP UM. Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:
Menganalisis teori-teori belajar dan landasan filosofisnya, mengembangkan model pembelajaran yang berpijak pada berbagai pandangan tentang teori belajar, memanfaatkan sumber belajar dalam pembelajaran dan menganalisis kasus dalam pembelajaran.
III. Indikator
a. Makna Belajar dan Pembelajaran
b. Azas dan prinsip Belajar dan Pembelajaran
c. Teori Belajar menurut pandangan behaviorisme landasanfilosofisnya
d. Teori Belajar menurut pandangan kognitif dan landasanfilosofisnya
e. Teori Belajar menurut pandangan konstruktivisme dan landasanfilosofisnya
f. Teori Belajar menurut pandangan Humanisme dan landasanfilosofisnya
g. Teori Pengolahan Informasi dalam Memori Manusia dan landasanfilosofisnya
h. Pembelajaran yang berpijak dari Teori Belajar Behavioristik
i. Pembelajaran yang berpijak dari Teori Belajar Kognitif
j. Pembelajaran yang berpijak pada teori belajar Humanisme
k. Pembelajaran yang berpijak pada Teori Pengolahan Informasi
l. Pemanfaatan Sumber Belajar yangdidesain dan yang tidak didesain dalam Pembelajaran dan Pola-pola pembelajaran.
m. Analisis Kasus Pembelajaran di Kelas
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah berakhirny semester ketiga mahasiswa FKIP UM Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:
a. Mampu mengidentifikasi makna, azas, dan prinsip belajar dan pembelajaran
b. Menganalisis teori-teori belajar menurut pandangan behaviorisme, kognitif, konstruktivisme, humanisme dan landasan filosofisnya.
c. Menganalisis teori-teori belajar menurut pandangan kognitif dan landasan filosofisnya.
d. Menganalisis teori-teori belajar menurut pandangan konstruktivisme dan landasan filosofisnya.
e. Menganalisis teori-teori belajar menurut pandangan humanisme dan landasan filosofisnya.
f. Mampu menganalisis tentang perolehan, pengorganisian dan proses mengungkap kemali informasi dalam struktur memori manusia.
g. Mengapikasikan peristiwa pembelajaran yang berpijak pada teori belajar behviorisme.
h. Mengapikasikan peristiwa pembelajaran yang berpijak pada teori belajar kognitif
i. Mengapikasikan peristiwa pembelajaran yang berpijak pada teori belajar humanisme.
j. Mengidentifikasikan proses pengolahan informasi dalam struktur memori manusia
k. Mengidentifikasi pemnfaatan sumber belajar dalam setiap pola pembelajaran.
l. Mampu menganalisis suatu peristiwa pembelajaran di kelas dan pijakan teori yang digunakan serta alternative tindakannya.
V. Kegiatan Perkuliahan
Matakuliah ini dibina oleh tim dosen yang akan datang secara bersamaan dan atau bergantian, metode yang digunakan yaitu:
a. Ceramah dan tanya jawab
b. Penugasan secara kelompok dan presntasi atas hasil penelusuran dan melakukan kajian, analisis serta evaluasi terhadap teori belajar dan pembelajaran.
c. Penugasan secara kelompok untuk melakukan observasi lapangan terhadap praktek pembelajaran di kelas.
d. Penugasan secara individual untuk penelusuran sumber-sumber teori belajar dan pembelajaran.
VI. Evaluasi
Kreteria:
a. Kreteria evaluasi tugas kelompok dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan penelusuran serta observasi lapangan.
b. Kreteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek: relevansi
c. penelusuran sumber, kesimpulan dan komentar atas sumber yang ditelusuri.
d. Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan menyimpulkan.
Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 15 %, Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester 40 %.
Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:
A Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 5 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
A- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 1 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
B. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok pada saat tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
B- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat dua hari dari tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
C. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
C- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan penggatian tugas dari tanggal yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
.
D Jika hadir mengikuti perkuliahan kurng dari 70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan diberi tugas pegganti dari tugas utama, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
.
E. Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari 60 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 10 hari dari waktu yang ditentukan dan mengumpul tugas kelompok tidak memenuhi kreteria diberi tugas tambahan dan tidak mengerjakan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.



 

Rujukan : Karwono.com atau karwono.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar